Cursor bintang-bintang

Saturday, January 7, 2012

Amankan Android, Google Beli Ratusan Paten IBM

Cuplikan teaser Google untuk Android Ice Cream Sandwich.
Awal tahun 2012 ini, Google mendapat ketambahan 187 paten dan 36 aplikasi yang dibeli dari IBM. Ini merupakan kesekian kalinya Google mendapatkan paten milik IBM, sebelumnya Google telah membeli 1.000 paten dari IBM.

Pembelian paten ini dilakukan Google ditengarai untuk menyelamatkan Android yang mulai diserang kompetitornya, seperti Apple dan Microsoft, dengan isu paten.

Ratusan paten tambahan tersebut termasuk paten sistem yang menggunakan jaringan semantik untuk membangun jejaring sosial. Sebelumnya, Google juga telah membeli paten yang dimiliki Motorola Mobility sebanyak 2.400 paten untuk mengembangkan sistem operasi Android sejak Agustus 2011. Pembelian paten ini menghabiskan biaya 12,5 miliar dollar AS.

Vicki Salmon, ketua komite litigasi Chartered Institute of Patent Attorneys Inggris, percaya bahwa pembelian paten ini dilakukan Google untuk melindungi teknologi yang sedang digunakan saat ini sehingga mereka bisa tenang dalam merencanakan masa depan.

Google pernah berseteru dengan kompetitornya karena memperebutkan 6.000 paten Nortel saat perusahaan ini bangkrut. Paten yang diperebutkan di antaranya teknologi seputar jaringan nirkabel, 4G, data networking, optik, suara, internet, service provider, semikonduktor, dan portofolio paten lainnya.

Pada kasus ini, Apple, EMC, Ericsson, Microsoft, Research in Motion, dan Sony disebut membuat konsorsium untuk menjegal Google. Meski Google menawarkan 900 juta dollar AS untuk membeli paten Nortel, tetapi tetap kalah di pengadilan oleh konsorsium berbagai perusahaan besar tersebut.

No comments:

Post a Comment